Wisata Alam Sarambu Marintang, Air Terjun Menawan Dengan 7 Tingkat

Jika selama ini Anda kira Toraja hanya memiliki keindahan kawasan perbukitannya yang apik dengan panorama tebing-tebingnya yang unik berhias makam-makam kuno, maka kali ini kita akan mencoba menguak satu lagi kawasan wisata di Toraja yang menyuguhkan Anda keseruan yang berbeda.

Sarambu Marintang, satu kawasan wisata alam Toraja satu ini merupakan sebuah air terjun yang berada di Desa Kalean, Marintang Simbuang Kecamatan Mengkendek  Kabupaten Tana Toraja. Hanya sekitar 25 km dari kota Makale. Kota Makale sendiri berjarak sekitar 30 menit dari kota Palopo. 

Dari kota Makale, Anda hanya perlu menempuh perjalanan ke arah selatan. Sesampai di desa Pa’tengko, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan belok ke kiri, tepatnya menuju arah Simbuang. Perjalanan ini melalui jalur yang tidak terlalu mulus, tetapi cukup layak dilalui bahkan oleh kendaraan roda 4.

Perjalanan ini memang membutuhkan sedikit perjuangan. Tak mudah untuk bisa mencapai lokasi air terjun. Kawasan Toraja memang memikat, mereka memiliki banyak destinasi wisata yang menakjubkan, hanya saja belum sepenuhnya terkelola dengan baik. Sehingga banyak kawasan yang menarik untuk disambangi tetapi tidak mudah pula untuk mencapainya.

Inilah yang akan Anda jumpai saat menyambangi kawasan wisata alam Toraja satu ini. Berada di tengah liuk perbukitan Toraja Utara, Anda harus menempuh jalur jalan setapak setelah Anda mencapai lokasi parkiran. 

Jalan setapak ini akan membelah beberapa daerah pematang dan perladangan penduduk. Sebelum kemudian naik ke puncak bukit yang tepat bertepian dengan air terjun berada. Di sana Anda akan menjumpai beberapa bangunan tidak permanen yang digunakan untuk kedai makanan dan tempat istirahat.

Lanjutkan perjalanan dengan menuruni jalur setapak yang tepat menuju lokasi air terjun. Di sini sebaiknya Anda lebih behati-hati karena jalur ini hanya terbuat dari tanah yang dibuat berundak. Jadi bila sedang musim penghujan, jalur ini bisa menjadi cukup licin dan berbahaya. Anda bisa berpegang pada tepian jalur yang berupa pagar bambu.

Dan akhirnya Anda tiba dihadapan air terjun tujuh tingkat yang menawan. Terpaan air sedikit menyentuh kulit Anda seketika Anda tiba dihadapan air terjun. Ainya yang jernih tampak beriak dengan buih-buihnya akibat derasnya air yang terhempas oleh bebatuan.

Air terjun bermula dari sebuah goa kecil di puncak bukit. Tampaknya di balik goa tersebut tersimpan sungai bawah tanah yang mengalirkan debit air yang cukup kuat. Tepat di muka goa, sebuah batu raksasa tepat menyapa air hingga membuat air turun ke bawah dengan membentuk tirai air terjun yang halus. Ini adalah lapisan pertama dari air terjun beruntut ini. 

Air terjun ini memiliki 7 lapisan yang membuatnya menyerupai lapisan tirai sutra yang lembut. Lapisan pertama memiliki ketinggian hingga sekitar 8 m, sehingga membentuk dinding bertirai air yang cantik.

Batuan di air terjun ini membentuk lapisan teras-teras landai dengan beberapa bagian bergelombang dan area tebing yang sebenarnya terbilang masih landai. Inilah yang menjadi jalur aliran dari air terjun tujuh tingkat ini. berbingkai batuan besar di tepian sungai dan vegetasi lebat di kanan dan kiri sungai.

Pada beberapa bagian Anda akanmenemukan gelombang arus air yang mengikuti alur batuan yang berlapis. Sedang di beberapa bagian lain Anda bisa menemukan riak-riak besar  akibat pertemuan aru deras dengan batuan. 

Tetapi di beberapa bagian lain tampak batuan landai yang dilapisi oleh air tipis sehingga bisa Anda jadikan pijakan. Inilah yang memungkinkan Anda bermain dengan tirai air berarus ini. Anda hanya disarankan cukup pandai memilih titik berdiri, untuk menghindari beberapa area dengan arus yang lebih deras dengan debit aliran air yang lebih besar.

Puas bermain dengan terpaan halus tirai air yang sejuk ini? Singgah saja ke beberapa kedai makanan yang dikelola oleh penduduk setempat tepat di tepian air terjun. Anda bisa sekedar melepas dahaga atau membeli beberapa makanan untuk menyumpal lapar.  

Menarik bukan lokasi wisata alam Toraja satu ini? jadi kalau Anda singgah ke kota Makale, sempatkan untuk sedikit menantang diri mencapai air terjun cantik ini.  Jangan lupa, Anda perlu menyiapkan retribusi sebesar 4 ribu yang dikenakan oleh penduduk setempat sebagai pengelola.

Leave a Reply

×

Hello!

Klik perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

×